Jumat, 22 Oktober 2010

Nicholas Joseph Cugnot Si Penemu Mobil


Nicolas-Joseph Cugnot (26 Februari 1725 - 2 Oktober 1804) adalah seorang penemu Perancis. Dia diyakini telah membangun self-propelled pertama kendaraan mekanis. Klaim ini dibantah oleh beberapa sumber, bagaimanapun, yang menyatakan bahwa Ferdinand Verbiest, sebagai anggota misi Yesuit di Cina, mungkin telah orang pertama yang membangun sebuah 'mobil' sekitar 1672.

Tentang Cugnot

C
ugnot lahir di Void-Vacon, Lorraine, (sekarang Departemen dari Meuse), Perancis.
Ia dididik sebagai insinyur militer. Dia bereksperimen dengan bekerja model kendaraan uap-mesin bertenaga untuk Angkatan Darat Perancis, yang dimaksudkan untuk mengangkut meriam, dimulai pada 1765.


Pertama kali Kendaraan Digerakkan ?
Cugnot adalah salah satu pertama yang berhasil menggunakan perangkat untuk mengubah gerak reciprocating dari piston uap ke dalam gerakan berputar dengan cara pengaturan ratchet. Sebuah versi kecil vapeur à tiga roda nya fardier berlari pada tahun 1769. (Fardier Sebuah roda dua massal built-kereta yang ditarik kuda untuk mengangkut peralatan yang sangat berat seperti meriam barel).
Tahun berikutnya, versi lengkap-ukuran vapeur à fardier dibangun, ditentukan untuk dapat membawa 4 ton dan menutupi 2 lieues (7,8 km atau 4,8 mil) dalam satu jam, kinerja yang tidak pernah dicapai dalam praktek. Kendaraan, yang beratnya sekitar 2,5 ton tara, memiliki dua roda di bagian belakang dan satu di depan tempat kuda-kuda biasanya telah; ini mendukung roda depan ketel uap dan mekanisme mengemudi. Unit kekuasaan diartikulasikan dengan "trailer" dan dikemudikan dari sana dengan cara ganda menangani pengaturan. Salah satu sumber menyatakan bahwa hal itu duduk empat penumpang dan bergerak dengan kecepatan 2,25 mil per jam.
Kendaraan itu dilaporkan sangat tidak stabil karena distribusi berat miskin - yang akan menjadi kelemahan yang serius melihat bahwa itu dimaksudkan bahwa fardier harus mampu melintasi medan kasar dan mendaki bukit curam. Pada 1771, kendaraan kedua adalah dikatakan telah pergi di luar kendali dan merobohkan bagian dari dinding Arsenal, (kecelakaan 'mobil' pertama yang diketahui?), Namun menurut Georges Ageon, penyebutan awal dari tanggal kejadian dari 1801 dan tidak fitur dalam rekening kontemporer. kinerja Boiler juga sangat miskin, bahkan oleh standar hari, dengan api yang perlu menyalakan dan uap dibangkitkan lagi setiap seperempat jam atau lebih, cukup mengurangi kecepatan secara keseluruhan.
Setelah menjalankan sejumlah kecil berbagai cobaan digambarkan sebagai antara Paris dan Vincennes dan pada Meudon, proyek ini ditinggalkan dan percobaan Tentara Perancis dengan kendaraan mekanik itu berakhir. Meskipun demikian pada 1772, Raja Louis XV diberikan Cugnot pensiun dari 600 livre setahun untuk kerja yang inovatif dan percobaan dinilai cukup menarik untuk fardier yang akan disimpan di Arsenal sampai dipindahkan ke Konservatorium Nasional des Arts et Métiers tahun 1800, mana masih bisa dilihat hari ini.

Masa Lanjut Usianya .....
Dengan Revolusi Perancis, pensiun Cugnot itu ditarik pada 1789, dan penemu pergi ke pengasingan di Brussels, di mana ia hidup dalam kemiskinan. Tak lama sebelum kematiannya, ia diundang kembali ke Perancis oleh Napoleon Bonaparte dan Nicolas-Joseph Cugnot kembali ke Paris, di mana ia meninggal pada tanggal 2 Oktober 1804.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar